Tips Branding di Medsos Buat Pembisnis Fashion Pemula!

Tips Branding di Medsos Buat Pembisnis Fashion Pemula!

Di era digital, ada banyak cara yang bisa kita lakukan se-kreatif mungkin untuk mem-branding produk melalui media sosial. Semakin mudah dan marak, tentu semakin keras juga persaingan. Namun, diantara sekian banyak produk yang dilihat oleh konsumen di Internet, apakah produk kamu termasuk salah satu yang cukup menarik perhatian? lalu, apa yang bisa membedakan produk kita dengan produk lain, meskipun menjual produk pakaian serupa, misalnya? Simak Tips Branding di Medsos Buat Pembisnis Pemula dibawah ini!

Kenali apa itu Branding

Apa itu branding? sederhananya, branding adalah ciri khas atau identitas yang kita tempelkan pada produk yang kita jual agar mudah diingat oleh konsumen yang menjadi target pasar. Dengan branding, produk kita punya ciri yang jelas, sehingga bisa membedakan produk kita dengan produk lain di pasaran. Lalu, bagaimana menjalankan branding untuk bisnis barumu di media sosial? simak tips dibawah ini!

Tips Branding di Medsos untuk Pembisnis Pemula!

Pertama, pilih Medsos yang tepat buat promoin produk kamu!

ada banyak platform media sosial yang bisa kita gunakan untuk promosi, namun diantara sekian banyak platform tersebut, pilihlah yang paling ampuh. artinya, yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya target konsumen kamu. misal, jika kamu berjualan batu akik, akan lebih ampuh dijual di facebook dengan target pasar orang tua ketimbang di twitter yang berisi anak-anak muda kritis hihihi. 

selain itu, dengan memilih untuk fokus di salah satu platform maka kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk mengurusi semua akun diberbagai platform. kamu cukup fokus dan konsisten saja di salah satu platform yang dianggap efektif, maka kamu tidak perlu memikirkan banyak akun sampai keteteran! disisilain, dengan memilih sosmed yang jelas, artinya kamu sudah punya landing page, atau pintu masuk yang jelas bagi konsumen yang mencari kamu. 

kedua, Buat rancangan postingan se-kreatif mungkin!

Postingan terdiri dari visual, audio sampai ke caption yang bisa ditampilkan pada pasar. Visual bisa dilihat dari logo, warna, sampai ke font yang digunakan. jika kamu tidak bisa bayar designer, kamu bisa menggunakan aplikasi murah atau bahkan gratos untuk membuat design. bagi pemula, hal ini sah-sah saja sebagai proses pembangunan perusahaan. jika sudah punya design visual yang jelas, sisanya tinggal KONSISTEN agar diingat konsumen.

Selanjutnya jangan menyepelekan caption! buat caption semenarik dan persuasif agar konsumen merasa diajak interaksi dan loyal untuk membeli produk kita.

Ketiga, Kukuhkan Brand Image yang berkarakter!

ada banyak aspek yang bisa dilihat untuk mengukuhkan brand image seperti apa yang kita tempelkan pada produk yang kita jual, diantaranya: Tone gambar, karakter gambar, Tujuan produk, sampai ke bahasa. apakah kamu berkomunikasi dengan friendly, kocak atau judes seperti Karen’s Dinner? hmmmm, yang jelas pilih yang berkarakter ya!

Keempat, Buat Bio Profil yang informatif

Sebelum dan setelah scrolling profile perusahaan kita di medsos, konsumen biasanya akan membaca bio untuk mendapatkan informasi berupa kontak, link penjualan, alamat perusahaan, statement tujuan produk atau kata-kata motivasi yang akan jauh lebih menarik perhatian. maka maksimalkan bio di profile kamu, sebagai perkenalan pertama agar berkesan!

Kelima, Interaktif!

Medsos adalah platform yang memungkinkan kita untuk berinteraksi secara virtual dengan konsumen. interaksi ini bisa melalui kolom komentar, direct message, atau berhubungan langsung melalui kontak yang tertera. Untuk menciptakan interaksi ini, kita perlu membuat postingan yang cukup memancing rasa penasaran konsumen agar setidak-tidaknya bertanya, dan tentu lebih bagus jika mau membeli. sebagai admin perusahaan yang berhadapan langsung dengan konsumen, berilah jawaban yang bijaksana dan informatif sesuai kebutuhan pembeli. dan ingat. jangan slow respon ya!

Terakhir, Konsisten Memposting!

Mengapa dalam branding konsistensi menjadi penting? mimin kasih tahu ya! sekarang mimin kasih contoh berikut : #Bismillah_yuk_baca_rekam_posting, kalian ingat siapa? yup! jawabannya aldi taher. mungkin ini terlihat sepele, namun konsistensi hastag aldi taher dalam setiap postingan di instagramnya membuat kita terngiang-ngiang kan? itulah hebatnya konsistensi. selain konsisten dalam grand design konten produk, kita juga perlu konsistem untuk memposting. dengan rutin memposting, maka kita tidak akan pernah hilang di benak konsumen yang notabene membuka sosmed setiap saat. ingat, setiap hari ada yang baru di media sosial, sehari saja kita hilang, maka kita bisa saja ditenggelamkan trend apapun yang masuk di pasaran.

 

Related Articles

berita teknologi cyber security https://teknonebula.info/ Tekno Nebula